Ceramah Bahasa Arab dan Terjemahan singkat (2) bergantung pada selain Allah

 KETIKA HATI BERGANTUNG PADA SELAIN ALLAH

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ

أَمَّا التَّعَلُّقُ فَبَلَاءٌ وَأَيُّ بَلَاءٍ, ذَّلِكَ البَلَاءُ الَّذِيْ تَتَأَلَّمُ وَتَتَأَوَّهُ مِنْهُ الْقُلُوْبُ. فَحَقٌّ عِنْدَ اللهِ ثَابِتٌ لَا مِرْيَةَ فِيْهِ مَعْلُوْمٌ بِسُنَّتِهِ أَنَّ مَنْ أَحَبَّ لِغَيْرِ اللهِ عَذَّبَهُ اللهُ بِحُبِّ شَيْءٍ سِوَاهُ. كُلُّ مَنْ أَحَبَّ شَيْئًا لِغَيْرِ اللهِ عَذَّبَهُ اللهُ بِذَلِكَ الْحُبِّ.

وَلِذَلِكَ تَجِدُ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا أَهْلُ الْعِشْقِ. وَتَجِدُهُمْ يَهِيْمُوْنَ فِيْ أَوْدِيَةِ الدُّنْيَا يَرْتَعُوْنَ يُعَذَّبُوْنَ لِيَجْمَعَ اللهُ لَهُمْ بَيْنَ عَذَابَيْ الدُنْيَا وَالْآخِرَةِ وَهُمْ يُفْتَنُوْنَ. أَعْظَمُ الْبَلَايَا تَعَلُّقُ الْقُلُوْبِ بِغَبْرِ اللهِ جَلَّ وَعَلَا عَلَى وَجْهٍ لَا يُرْضِى اللهَ.

 فَلِذَلِكَ يَنْبَغِيْ لِلْإِنْسَانِ أَنْ يَعْلَمَ مِنْ قَرَارَةِ قَلْبِهِ أَنَّ مِنْ أَشَدِّ الْبَلَايَا وَأَعْظَمِهَا اِنْصِرَافُ الْقَلْبِ لِغَيْرِ اللهِ جَلَّا جَلَالُهُ. فَإِيَّكَ أَنْ يَنْصَرِفُ قَلْبُكَ أَوْ شُعْبَةٌ مِنْ شُعَبِ قَلْبِكَ إِلَى غَيْرِ اللهِ جَلَّا جَلَالُهُ. وَاجْتَهِدْ مِنَ اللَّيْلَةِ أَنْ تَجْعَلَ قَلْبَكَ لِلّهِ, تُمْسِيْ وَلَيْسَ فِيْهِ إِلَّا اللهُ, وَتُصْبِحُ وَلَيْسَ فِيْهِ إِلَّا اللهُ.

تَجْعَلُ القَلْبَ للَّهِ فَإِنَّ الْقَلْبَ مَخْلُوْقٌ للَّهِ وَمَا خَلَقَهُ اللهُ إِلَّا لِعِبَادَتِهِ جَلَّا جَلَالُهُ.

قال الله : وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

مَا خَلَقَ اللهُ هذه المُضْغَةَ إِلَّا لِكَيْ تُسْكَنَ بِتَوْجِيْدِهِ وَحُبِّهِ وَتَعْظِيْمِهِ وَتَمْجِيْدِهِ وَالْيَقِيْنِ فِيْهِ وَإِخْلَاصِ الْعَمَلِ لَهُ جَلَّا جَلَالُهُ. مَا خُلِقَتْ لِكَيْ تَهِيْمُ فِيْ تِلْكَ الْأَوْدِيَةِ السَّحِيْقَةِ الْمَلِيْئَةِ بِعَذَابِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.

😁😁😁فَالْأخِيْرُ لَا حُبًا قَبْلَ الْعَقْدِ

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Terjemahan :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

Bergantung pada selain Allah adalah musibah besar! Musibah besar yang membuat hati terasa sakit. Sesuatu yang pasti dan tidak ada keraguan padanya, begitu juga diketahui dengan sunnah Nabi bahwa barangsiapa yang cintanya bukan karena Allah, maka ia akan di azab dengan cintanya itu.

Setiap kali seseorang mencintai sesuatu bukan karena Allah, maka Allah akan mengazabnya dengan cintanya itu. Maka kalian dapati orang terberat siksanya adalah para pemuja cinta. Kalian dapati mereka terombang-ambing di lembah dunia, Allah ingin menggabungkan azab dunia dan akhirat kepadanya.

Musibah besar adalah Ketika hati terikat dengan sesuatu yang tidak mendatangkan keridhaan Allah. Maka perlu disadari oleh setiap orang bahwa musibah terbesar adalah Ketika hati berpaling kepada selain Allah swt.

Sekali-kali jangan biarkan hatimu atau Sebagian hatimu berpaling kepada selain Allah swt. Mulai mala mini berusahalah untuk menjadikan hatimu hanya untuk Allah! Setiap pagi dan setiap sore jadikan hatimu kosong kecuali hanya untuk Allah. Jadikan hati ini untuk Allah, karena sesungguhnya hati diciptakan untuk Allah, dan tidaklah Allah menciptakannya kecuali untuk beribadah kepadanya.

Allah berfirman “dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku”

Tidaklah Allah menciptakan hati ini kecuali agar hati ini bisa tenang dengan tauhid, cinta, pengagungan, keyakinan, dan keikhlasan dalam beribadah kepadanya. Hati tidak diciptakan untuk terombang-ambing di lembah yang penuh dengan azab dunia dan akhirat yang sangat dalam.

Terakhir, tidak ada cinta sebelum aqad😁😁😁

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh


Syarif ibnu Hamid

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ceramah Bahasa Arab dan terjemahan singkat

Taubat (Riyadhus Shalihin) pengertian, syarat dan keutamaan taubat